Langsung ke konten utama

Postingan

Mau Travelling? Cek Dulu Apakah 5 Benda Ini Sudah Ada di Tas Kamu

Postingan terbaru

Fiksi Mini: Aku, Rezeki, dan Kopi

Aku, Rezeki, dan Kopi oleh: Nur Afifah

Ngiii…

Suara ceret air mendidih membuyarkan jempolku yang mengetuk-ketuk tombol datar di layar gawai. Ada obrolan menarik di grup WhatsApp kelas. Sedang kangen-kangenan, mbanyol, tim paparazzi kelas membagi foto lucu, hingga membahas tentang perguruan tinggi. Ada yang sudah diterima universitas melalui SNMPTN, hingga yang masih sibuk belajar menjelang SBMPTN.

Aku?

Syukur alhamdulillah, aku diterima di universitas negeri melalui SNMPTN jalur bidikmisi.

Suara mengucur menguapkan aroma kopi. Setelah air panasnya cukup, tanganku dengan gesit meraih sendok kecil yang ada di dalam gelas kecil berisi air.

Tek tek tek tek

Satu, dua, tiga, empat …

Aku biasa menghitung jumlah adukanku. Sebanyak tiga tiga putaran. Tidak ada maksud apa-apa, hanya supaya gulanya larut. Aku pun ikut larut. Melarutkan pikiran dalam gerakan memutar air hitam.

Kopi. Ya, kopi. Yang selama ini membiayai hidupku. Hingga aku bisa sekolah setinggi ini. Memang mustahil, namun faktanya ba…

AKU bersama BUKU, MUSIK, KOPI, dan SMARTPHONE

Setiap orang pasti punya hobi. Dan tentunya tidak hanya satu. Apa sih hobi itu? Hobi adalah kegemaran atau kesenangan yang biasanya dilakukan diwaktu senggang arau sering dilakukan. Bahasa Inggrisnya adalah hobby.

Kalau ditanya soal hobi, hobiku ada banyak lho! Aku nggak bisa sebutin satu-satu, karena aku adalah seseorang yang punya ketertarikan terhadap banyak hal. Sekali tertarik kepada sesuatu biasanya aku langsung gemar dan suka banget sama hal tersebut. Tapi kali ini ini aku mau bahas beberapa hobi yang akhir-akhir ini aku gandrungi dan aku seriusi.

Aku kasih clue benda-benda penunjang hobiku. Mereka adalah buku, musik, kopi, dan smartphone. Buku yang aku maksud di sini adalah buku bacaan maupun buku jurnal. Jadi, ada yang bisa nebak?

Hobi aku akhir-akhir ini yang bikin aku sumringah alias moodbooster adalah membaca buku atau berkegiatan journaling ditemani secangkir kopi dan alunan musik, tidak lupa juga foto-foto untuk mengabadikan momen atau hanya sekadar foto-foto untuk meng…

Nugas Bonek

Banyak banget pengalaman yang nggak bisa dilupakan dalam hidupku. Pengalaman pertama maupun petualangan dengan sejuta pelajaran. Salah satunya bakal aku ceritakan di sini. Sebuah kisah petualangan nekat anak-anak rumahan yang jarang main jauh.

Seperti yang terlihat di judul, Nugas Bonek. Tahu kan bonek itu akronim dari bondho nekat? Ya, petualangan ini berawal dari tugas kuliah. Tugasnya adalah membuat video tourguide berbahasa Jepang di tempat wisata. Aku, Yuliana, Ari, dan Kharisma sengaja memilih lokasi yang sekiranya selain bisa nugas juga bisa jalan-jalan. Mohon maklum, kami anak kos yang kurang piknik. Berhari-hari berpikir, akhirnya kami berempat sepakat menugas di tempat wisata yang ada di Malang, berbekal fakta bahwa di antara kami sudah ada yang pernah ke Malang. Salah satunya adalah aku.

Masalah datang, kami nggak punya uang banyak untuk pergi dan masalah kendaraan. Alhamdulillah, berkat tanya sana-sini, tanya kerabat dan teman, akhirnya kami nekat berangkat. Simak keserua…

Kenali Diri: Afifah Tipe Campuran Alami

Penting nggak sih mengenali tipe kepribadian diri?

Penting dong! Mengenali diri sendiri berpengaruh pada masa depan. Dengan mengenali kepribadian, kita bisa menaruh diri di masyarakat dan bisa mengenali hal-hal yang kita suka, tidak kita suka, hingga potensi-potensi kita.

Kali ini aku mau share tipe kepribadianku. Menurut teori kepribadian manusia Florence Littauer, aku termasuk tipe campuran alami yaitu Plegmatis-Melankolis. Tipe kepribadian yang ada dua begini adalah kombinasi kepribadian yang sering dimiliki masyarakat.


Aku tipe orang yang selalu menghindari masalah. Aku nggak suka berdebat karena nggak suka mikir keras. Aku cinta damai, bahkan sering ketika ada pelajaran debat aku selalu jadi bagian yang netral. Aku suporter yang cinta damai, paling nggak suka sama pertengkaran. Pasti kalau ada yang nggak enak di hati, selalu aku simpan sendiri dan mudah memaafkan orang. Kalau ada pelajaran sekolah yang suka maksa-maksa gitu aku paling nggak suka. Contohnya pelajaran seni yang me…

Most Wanted Books

Rekomendasikan buku favorit kalian dooong! Kubutuh bacaan menarik untuk memenuhi target bacaku di 2019.

Setelah sukses membaca 55 buku di 2018, aku jadi semangat untuk baca 55 buku di 2019. Ada beberapa buku yang ingin sekali aku baca di tahun 2018, namun karena dompet tipis dan priorotas utamaku bukan buku, jadinya ada beberapa novel yang ingin segera aku beli dan baca di 2019. 5 novel di antaranya adalah?


Semua Ikan di Langit - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Novel ini wishlist aku dari 2018. Aku nggak tahu isinya tentang apa, tapi aku tertarik dengan semua karyanya Ziggy Z. setelah aku baca novel Jakarta Sebelum Pagi dan Di Tanah Lada. Novel Jakarta Sebelum Pagi aku suka gaya dia bercerita. Kemudian ketertarikanku itu bertambah setelah aku baca Di Tanah Lada yang pesannya menohok sekali, bahkan endingnya bikin aku nangis, kaget, dan marah-marah. Oleh karena itu aku penasaran dengan Semua Ikan di Langit.

Jakarta Sebelum Pagi dan Di Tanah Lada aku rekomendasikan buat kalian! Novel Sem…

Wishlist Things in 2019 (Not Include Books)

Apa barang-barang yang ingin kalian beli di 2019? Yang pasti beli karena butuh, bukan beli karena kepengin.

Beli barang itu ya yang sedang dibutuhkan, jangan yang asal pengin aja! Akhir-akhir ini banyak banget buku tentang mengatur belanjaan kita. Terutama tentang hidup sederhana dan beli karena butuh.
Kali ini aku tertarik untuk menerapkan sistem itu. Beli barang-barang pun aku harus mikir berkali-kali. Butuh tidak, ya? Berikut adalah barang-barang yang ingin aku beli di 2019.


Kacamata

Waaah ini barang dari tahun-tahun sebelumnya belum terbeli juga. Aku nggak sayang mata nih! Mata aku sudah minus atau rabun jauh. Penyebabnya ya kebanyakan main handphone dan menatap laptop. Entah sekarang sudah minus berapa karena aku belum cek ke optik. Kacamata adalah salah satu barang yang ingin aku beli tahun ini. Kasihan mataku! Apalagi aku sering baca buku sambil tiduran dan baca ebook di handphone.

Kebaya

Alhamdulillah, sebentar lagi aku mau wisuda. Jadwal wisuda belum keluar, tapi kalau dihitun…